About Me

My Photo
Muhamad Subekti
View my complete profile

Breaker Banyumas

Breaker Banyumas
Porta Blakasuta 262

Formulir Rapi




Muhamad Subekti JZ 10 LHG. Powered by Blogger.

Followers

Saturday

Stereo Encoder 4.864 Mhz



Setelah on air pake PLL Veronica selama 2 bulan, aku kok merasa ga srek dengan kualitas audionya kalo dibandingkan dg studio radio lainnya. Kayaknya ada yg kurang.....eh ternyata pemancarku masih mono. Trus buru-buru deh datang lagi alias sowan di tempatnya mbah gogel. Nanya ma mbah gogel gimana seh biar pemancar PLL Veronicaku bisa stereo? Ternyata simbah bingung juga! Soalnya banyak pilihan biar pemancarnya jadi stereo. Pusing deh aku milih-milih skema stereo encoder....buanyak sekali seh! Akhirnya aku pilih yg pake x'tal 4.864 mhz, skemanya simpel banget dan komponennya mudah dicari di kota tempat aku tinggal. Setelah copy paste simpen di flashdisk...trus pulang! Ketahuan neh kalo nanya ma mbah gogel di warnet....hi...hi...! Ampe dirumah skema dibuka dikompi, diliatin....bikin daftar komponennya. Ga lupa juga liatin isi dompet, cukup ga ya buat beli komponennya? Hm...kayaknya cukup deh! Berangkat juga ke toko elektronika naik sepeda onthel alias pit unto warisan mbah kakung. Semua komponen udah kebeli cuman satu yg ga ada x'talnya 4.864 Mhz! Bingung lagi neh....! Ya udah sementara rakit dulu pake pcb titik ato lubang-lubang, lagi males bikin layoutnya. Hampir 3 jam rakit stereo encoder. Ups.....kelar juga, tinggal cari x'talnya. Radio 2m band aku tak nyalain buat cari info dimana aku bisa dapetin x'tal 4.864 mhz. Ada temen yg punya rangkaian stereo encoder pake x'tal 4.864 gak dipake (katanya sih rusak ga nyala), aku disuruh ambil x'talnya aja. Dan akhirnya lengkap sudah rakitan stereo encoder. Trus digabungin ma pll veronica......'n......yes............pemancarku sekarang udah stereo, walaupun cuman pake mp3 player dan tone kontrol buat ngatur bass ma trebelnya. Sekarang seh tinggal ngumpulin duit lagi, rencana mau bikin boster biar gede wattnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search

Loading...

Mau CoBa!!!!