About Me

My Photo
Muhamad Subekti
View my complete profile

Breaker Banyumas

Breaker Banyumas
Porta Blakasuta 262

Formulir Rapi




Muhamad Subekti JZ 10 LHG. Powered by Blogger.

Followers

Saturday

Belajar bikin pemancar FM PLL Veronica



Aku seh sebenarnya ga paham betul di dunia elektronika, trs sering ketemu para pakar elektronika dibidang pemancar pada saat ngebrik. Akhirnya jadi belajar deh elektronika terutama di bidang RF soalnya hobiku ngebrik di 2m band. Sekarang aku bisa menggunakan alat ukur SWR buat cek power dan matching antena. SWR yg aku punya cuma Maldol MR 1000 lumayanlah daripada pinjem trs ma temen. Masalah ukur mengukur pake multitester udah lincah, dikursus kilat ma temen breaker yg kebetulan seorang teknisi radio secara langsung maupun lewat brik-brikan. Disinilah awal aku belajar bikin pemancar fm. Gak tanggung-tanggung langsung bikin yg pll. Pusing...deh...sebagai pemula ga tau apa-apa, langsung disuruh praktek bikin pemancar fm pake pll. Skema dan layout pcbnya dikasih temen yg katanya hasil nanya ma mbah gogel. Hi...hi...hi... aku jadi ikutan rajin dolan di tempatnya mbah gogel (untung mbah gogel ga minta kemenyan ma ayam putih mulus,kembang 7 warna saat aku nanya-nanya) trs yg dicari pasti keywordnya "PEMANCAR FM" atau yg semua yg berhubungan dgn dunia pemancar. Cukup lama aku merakit pll veronica hampir 3 bulan. Gimana lagi? Harus ngumpulin duit dulu lah.......komponennya juga susah dicari. Dengan perjuangan dan semangat 45, akhirnya pemancar fm pll Veronica udah on air. Powernya cuma 1 watt, antena pake modifikasi antena 2m band husler vswrnya 1:1,1 kabel pake RG 8. Puas.....sekali...sbg pemula berhasil bikin pemancar fm buat muterin mp3 di frek 107.70 Mhz.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search

Loading...

Mau CoBa!!!!