About Me

My Photo
Muhamad Subekti
View my complete profile

Breaker Banyumas

Breaker Banyumas
Porta Blakasuta 262

Formulir Rapi




Muhamad Subekti JZ 10 LHG. Powered by Blogger.

Followers

Friday

Perdana Menteri Interim Libya Mahmoud Jibril  Jumat (21/10/2011), secara resmi telah menyatakan bahwa pemimpin Libya Muammar Khadafi telah meninggal dunia. Meski tewasnya Kadafi sudah dapat dipastikan tetapi informasi penyebab kematiannya masih simpang siur. Berbagai sumber berita menyebutkan cerita yang berbeda. Berbagai laporan menyebutkan perbedaan misteri detik-detik kematian Khadafi.

Dibawa dengan ambulans dari Sirte, tubuhnya dibawa ke sebuah masjid di Misrata. Khadafi tewas di tangan tentara revolusioner. Dari tayangan televisi Al Jazeera, Kamis (20/10/2011), tampak pasukan itu menyeret mayat Khadafi yang berlumur darah. Tayangan itu menunjukkan mayat Khadafi yang bertelanjang dada dengan bagian muka yang berlumuran darah. Terdapat lubang luka tembakan di samping kepalanya. Sebelumnya, sebuah foto yang berasal dari jepretan displat kamera video juga beredar luas. Foto tersebut ditayangkan oleh sejumlah stasiun televisi asing. Pejabat senior NTC Abdel Majid Mlegta menyatakan telah dilakukan tes DNA dan memastikan itu adalah Khadafi. Ia akan dikebumikan Misrata dan dilakukan dengan cara Islam.
Sebelum shalat subuh pada hari Kamis, Gaddafi dikelilingi oleh beberapa lusin pengawal setia dan disertai oleh Abu Bakr Younis Jabr, kepala pasukannya yang turut tewas. Kaum revolusioner telah menguasai Sirte melalui pertempuran senjata yang sengit.
Khadafi melarikan diri menuju barat dalam konvoi bersenjata 15 truk. Namun belum jauh berjalan, bom salah satu pesawat NATO menghantam konvoi dekat Sirte pada sekitar 08.30 pada hari Kamis. Khadafi terluka setelah konvoinya di bom oleh pesawat udara NATO, kemudian pasukan NTC mendatangi dan menemukan khdafi masih dalam keadaan hidup. Televisi berita al jazira melaporkan nampak pasukan NTC menyeret khadafii di jalanan dan khadafi tampak sangat lemah namun terlihat masih hidup. Beberapa saksi mata menyatakan, Khadafi masih hidup, bahkan bisa berjalan kendati berlumuran darah, saat ditangkap. Sebelum akhirnya khadafi mati ditembak. Kesaksian mengatakan Khadafi bersembunyi di gorong-gorong sebelum ditemukan oleh pasukan pemberontak. Ketika ia dibawa ke mobil, telah terjadi tembak menembak antara pasukan pro dan kontra Khadafi dan peluru nyasar dan mengenai perut dan bagian kepala Khadafi.
Berita lain menyebutkan Khadafi sempat memohon untuk tidak ditembak ketika dirinya dipaksa keluar dari pipa drainase tempat dirinya bersembunyi. Peristiwa penembakan Khadafi bermula ketika pasukan pemberontak mengejar Khadafi dan rombongannya yang mencoba kabur dari Kota Sirte, kampung halaman Khadafi, dalam iring-iringan kendaraan jeep. Saat itulah serangan udara Prancis diarahkan ke rombongan Khadafi. Namun Khadafi berhasil lolos dan bersembunyi dalam pipa drainase besar. Salah seorang komandan tempur Dewan Transisi Nasional (NTC) Mohammed Leith menuturkan, Khadafi berada di salah satu jeep ketika para pemberontak menembaki kendaraan tersebut.
Pemimpin Lybia itu ditangkap dari tempat persembunyiannya di selokan. Berbagai media massa internasional, Kamis (20/10), melaporkan Khadafi tewas tertembak saat pasukan pemberontak menyerang lokasi persembunyiannya di Sirte. Kepala dan kakinya diberondong peluru oleh pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC). Pada saat kejadian ia tengah berusaha mengamankan diri dari serangan udara pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).
Khadafi tewas dengan luka tembak di kepala dan kakinya. Sebuah video saat Khadafi terluka ditayangkan Al Jazeera. Khadafi dengan berlumuran darah di wajahnya terlihat masih hidup. Tubuhnya yang sudah lemah diseret sejumlah tentara. Khadafi sempat memohon kepada tentara revolusioner agar tidak ditembak. “Jangan tembak. Jangan tembak!”. Khadafi yang terluka tampak bingung. Ia pun menanyakan ke tentara yang menawannya. “Apa yang sudah saya lakukan kepada kalian”.
Cuplikan video itu juga memperlihatkan Khadafi yang didorong ke sebuah mobil. Dan seseorang menghantamkan sebuah pistol ke kepala Khadafi, Jumat (21/10). Sementara itu, video yang lain menunjukkan tubuhnya yang berlumuran darah diseret melalui jalan-jalan kota kelahirannya, Sirte. Khadafi tampak bertelanjang dada.
Menurut harian The Telegraph, dalam tayangan video amatir berdurasi 21 detik menunjukkan Khadafi cedera berat namun tampak masih bisa berdiri. Tidak dapat dipastikan apakah dia saat dalam kondisi sekarat atau sudah tak bernyawa.  Ini diawali dengan tayangan saat Khadafi tergeletak di bak mobil Toyota pickup, dikelilingi para pemberontak sambil mengacungkan pistol mereka ke arah kepala Khadafi. Beberapa detik kemudian, dengan kaki telanjang, Khadafi berjalan sempoyongan beberapa langkah sambil dikelilingi para pejuang NTC, yang berseru “Allahu Akbar.”
Tayangan video itu berakhir saat Khadafi tampak membuka mulutnya, seolah-olah ingin berkata, sambil mengangkat tangan kanan ke arah wajah. Keterangan resmi dari NTC menyatakan bahwa Khadafi terluka di kedua kaki dan tertembak di kepala saat berupaya melawan dari penangkapan.
Namun, dalam tayangan video itu, tidak ada tanda-tanda darah pada celana panjangnya. Kalangan media belum bisa memastikan akurasi tayangan video itu, yang sudah diunggah ke laman YouTube.

Perlakuan cukup kejam terhadap khadafi yang dilakukan oleh  para pasukan NTC ini mungkin dikarenakan khadafi selama ini yang cukup kejam dalam beberapa hal kepada rakyatnya. seperti kita ketahui selain kekayaan keluarga yang mencolok mata, juga ada penggunaan senjata berat terhadap warga libya yang sedang demonstrasi beberapa waktu lalu berbarengan denagn demo di mesir dan Tunisia.
Amnesty International Desak NTC Jelaskan Kematian QaddafiNamun berita lain menyebutkan pemerintahan transisi di Libya menegaskan bahwa Muamar Khadafi tewas akibat baku tembak antara pejuang Dewan Transisi Nasional (NTC) dengan kelompok pro-Khadafi. Penjelasan itu muncul di tengah spekulasi di media massa bahwa diktator yang telah 42 tahun memerintah Libya itu tewas akibat dieksekusi atau dianiaya.  Menurut stasiun berita BBC, Perdana Menteri sementara Mahmoud Jibril memberi penjelasan beberapa jam setelah Khadafi diberitakan tewas di Sirte, Kamis waktu setempat. Kata Jibril, Khadafi sempat ditangkap hidup-hidup namun menghembuskan nafas terakhir sebelum sampai ke rumah sakit.  “Kami telah menunggu sejak lama momen ini. Muammar Khadafi telah terbunuh,” kata Jibril. Khadafi, kata Jibril, mengalami luka tembak di kepala di tengah pertempuran antara para loyalis Khadafi dengan pasukan NTC.  “Kami bisa memastikan jika semua iblis termasuk Khadafi, sudah hilang dari negeri yang kita cintai,” demikian disampaikan Jibril di Tripoli saat tubuhnya dibawa ke Misrata, kota tempat perlawanan kaum pemberontak anti-Khadafi.
Sementara itu Perdana Menteri Libya, Mahmoud Jibril, seperti dilansir CNN, Jumat (21/10/2011) memberikan informasi kronologis detik-detik terakhir tewasnya pemimpin besar Libya itu.
  • Setelah mengambil alih kota Bani Walid pada awal pekan ini, pasukan Dewan Transisi Nasional Libya mengalihkan perhatian mereka ke kota Sirte.
  • Jet tempur Prancis dan sebuah pesawat tak berawak menembakkan rudal Hellfire. Namun seorang pejabat mengatakan bahwa Khadafi selamat dari serangan.
  • Sekitar tengah hari pada Kamis, pejabat Dewan Transisi Libya mengumumkan bahwa para pejuang mereka telah menguasai Sirte.
  • Pada siang harinya, Khadafi ditangkap hidup-hidup dan dalam kondisi sehat di Sirte. Dia tidak melalukan perlawanan ketika ditangkap.
  • Pada saat ditangkap, Khadafi mengenakan kaos dan celana panjang sambil membawa pistol.
  • Ketika hendak dibawa dipindahkan ke dalam kendaraan yang akan membawanya ke Misrata, Khadafi ditembak di lengan kanan.
  • Pasukan Dewan Nasional Transisi memasukkan Khadafi ke dalam kendaraan. Terjadi baku tembak antara pasukan dewan dan pasukan loyalis Khadafi.
  • Terperangkap dalam baku tembak tersebut, Khadafi ditembak di kepala. Khadafi meninggal beberapa saat sebelum tiba di rumah sakit.
  • Di rumah sakit, diambil sampel DNA yaitu darah dan air liur. Kemudian dinyatakan bahwa orang yang tewas tersebut adalah Khadafi.
  • Dewan perwakilan Libya memberitahukan kabar tersebut kepada Mahkamah Pidana Internasional, yang mendakwa kejahatan perang Khadafi. Setelah mengirim foto dan laporan dari seorang ahli forensik, pengadilan memberikan izin kepada pihak berwenang di Libya untuk menguburkan Khadafi.
  • Setelah pasukan istirahat pada Kamis sore, kerumunan orang di seluruh Libya bersorak-sorak dan larut dalam perayaan kematian Khadafi
Video khadafi tewas ini tersiar begitu cepat, tetapi   gedung putih tidak serta merta mengkonfirmasi kematian khadafi mengingat  beberapa kali tewasnya khadafi ini ternyata tidak benar, barulah setelah 6 jam  dari kabar yang disampaikan oleh NTC, presiden obama mengadakan jumpa pers, dan dalam pidatonya menyebut kematian khadafi.
Konfirmasi kematian Khadafi ini memicu puluhan ribu warga turun ke jalan untuk merayakannya. Tembakan perayaan terdengar di ibukota, Tripoli dan mobil-mobil membunyikan klaksonnya. Sejumlah warga yang berkumpul saling memeluk satu sama lain.

Muammar Khadafi Tewas  Part.1  



Muammar Khadafi Tewas  Part.2                  


Muammar Khadafi Tewas  Part.3 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search

Loading...

Mau CoBa!!!!